WhatsApp Multi-Device Versi Beta Memungkinkan 4 Perangkat Terhubung Sekaligus Tanpa Telepon

0
Ilustrasi Gambar WhatsApp WA Multi Device Versi Beta
Ilustrasi Gambar WhatsApp WA Multi Device Versi Beta

Sampai saat ini, menggunakan web WhatsApp di desktop Anda atau perangkat lain memerlukan ponsel yang dihidupkan dan terhubung, tetapi uji beta baru mencoba dukungan untuk beberapa perangkat tanpa memerlukan ponsel dalam campuran.

Gambar Arsitektur Pesan WhatsApp | Sumber Facebook.com
Gambar Arsitektur Pesan WhatsApp | Sumber Facebook.com

Dalam wawancara bulan Juni tahun 2021, kepala WhatsApp Will Cathcart dan bosnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg, mengomentari tantangan teknis dalam mempertahankan enkripsi ujung ke ujung (end to end).

Dengan posting microblog Twitter-nya hari ini, Cathcart menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang telah dilakukan di balik layar untuk menjaga keamanan.

Seperti yang coba dijelaskan oleh gambar yang membandingkan sistem lama dan baru (seperti gambar di atas), sebelumnya, ponsel pengguna mengelola kunci yang menentukan identitas dan kemampuan mereka untuk mengenkripsi/mendekripsi pesan.

Sinkronisasi terenkripsi juga berlaku untuk riwayat pesan, nama kontak, dan data lainnya, dengan kunci dipertahankan pada perangkat individual.

Untuk memulainya, versi awal yakni beta akan diberikan kepada sekelompok penguji terbatas yang sudah berada dalam program beta WhatsApp, sementara tim mengatakan sedang berupaya meningkatkan kinerja dan menambahkan lebih banyak fitur.

Dikutip langsung dari akun Twitter pimpinan WhatsApp Facebook @wcathcart dia mengatakan bahwa:

Senang rasanya dapat meluncurkan versi beta dari kemampuan multi-perangkat baru kami untuk @whatsapp. Sekarang Anda dapat menggunakan pengalaman desktop atau web kami bahkan ketika ponsel Anda tidak aktif dan terhubung ke internet. Semua diamankan dengan enkripsi ujung ke ujung.

Will Chathcart Twitter.com

Dia juga menambahkan bahwa tim mereka sudah lama mengerjakan ini, walaupun hingga sampai sekarang, WhatsApp masih dapat tersedia di satu perangkat pada satu waktu serta dukungan desktop dan web hanya berfungsi dengan mencerminkan (mirroring) dari ponsel Anda yang artinya ponsel Anda harus hidup dan memiliki koneksi internet aktif.

Lihat Juga (See Also):  Facebook Membayar Kontraktor untuk Menyalin Audio Pengguna!

5 / 5. 1