Masih Bisakah Kita Menggunakan Internet Secara Anonim (Anonymous)?

0
Ilustrasi Gambar Menggunakan Internet Secara Anonim Anonymous
Ilustrasi Gambar Menggunakan Internet Secara Anonim Anonymous

Menggunakan Internet secara Anonim (Anonymous)? Ya, Anonimitas online sedang diserang oleh semua orang mulai dari pemerintah federal hingga perusahaan teknologi, dan sepertinya banyak organisasi ingin tahu lebih banyak tentang kebiasaan online kita. Basis data raksasa yang diisi dengan detail penelusuran pribadi sedang dikompilasi bahkan ketika Anda membaca ini. Otoritas negara bagian dan lokal terlibat dalam tindakan tersebut. Situs media sosial favorit Anda mungkin tahu lebih banyak tentang daripada yang Anda lakukan saat ini.

Mungkin bagian paling menakutkan dari krisis privasi adalah kenyataan bahwa sebagian besar konsumen online tampaknya puas untuk menerima situasi ini seperti biasa dan tidak melakukan apa-apa. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melawan dan merebut kembali privasi Anda.

Gunakan Tool Browsing Anonymous Agar Dapat Menggunakan Internet Secara Anonim

Terlepas dari platform apa yang mungkin Anda gunakan, menggunakan browser Anonymous adalah cara mudah untuk menggunakan internet secara Anonim (Anonymous) dan melindungi data Anda dari mencongkel mata. Browser ini mengirimkan data header yang sangat sedikit dan tidak menyimpan cookie, sehingga mereka meninggalkan jejak kaki (footprint) yang jauh lebih kecil bagi mata-mata. Paket-paket paling canggih menyalurkan traffic Anda melalui berbagai server jarak jauh, yang membuatnya tampak bahwa penjelajahan Anda berasal dari beberapa lokasi lain. Jika orang berusaha melacak aktivitas Anda, maka mereka akan menemukan alamat IP orang lain dalam proses tersebut.

Baca Juga :  Ini Malware Paling Berbahaya yang Bisa Menyerang Android Anda!

Pengguna yang menemukan dirinya secara teratur masuk ke aplikasi web dan layanan lain mungkin ingin menggunakan VPN untuk melindungi diri mereka sendiri. Jaringan virtual ini secara teratur dapat menetapkan alamat IP baru ke paket yang dikirim oleh browser Anda, yang menjadikannya anonim secara fungsional. Mereka bahkan dapat membersihkan paket yang dikirim dari aplikasi lain di perangkat Anda.

Media Sosial Masih Tidak Benar-Benar Aman

Jika Anda menggunakan aplikasi Facebook resmi tanpa mengunjungi situs mereka secara langsung, maka VPN adalah cara yang bagus untuk melindungi diri Anda dalam menggunakan Internet secara Anonymous (Anonim). Namun, kebijakan privasi mereka masih agak memprihatinkan. Anda bisa mendaftar ke Facebook menggunakan nama samaran untuk waktu yang lama. Situs jejaring sosial populer sekarang mengharuskan Anda untuk memverifikasi nama Anda yang sebenarnya dan menunjukkannya kepada dunia.

Ini memang memberikan beberapa manfaat bagi pengguna karena itu membuatnya jauh lebih sulit untuk menyamar sebagai mereka. Ini juga membantu mengurangi kekhawatiran tentang tipuan kematian selebritas dan lelucon semacam itu. Namun, banyak orang belum sepenuhnya menyadari betapa privasi yang mereka korbankan dengan secara publik menggunakan nama asli mereka.

Meskipun ini mungkin merupakan pengorbanan besar bagi banyak pengguna, melepaskan jejaring sosial yang mengorbankan privasi Anda adalah cara terbaik untuk mengirim pesan yang kuat tentang betapa berbahayanya praktik ini. Pengguna yang cerdas mulai menggunakan Reddit dan situs berbagi sosial lainnya alih-alih Facebook hanya karena mereka saat ini tidak memaksa pengguna untuk mendaftar dengan nama asli mereka.

Bangkit dan Jatuhnya Perangkat Lunak Sumber Terbuka (Software Open Source)

Pengguna yang suka berjelajah mungkin ingin bermigrasi sepenuhnya dari perangkat lunak komersial. Karena Anda dapat mengaudit kode sumber terbuka sendiri, Anda dapat melihat apa yang dilakukannya dengan informasi Anda. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk mem-boot PC Anda ke lingkungan USB langsung yang aman kapan pun Anda ingin melakukan penggunaan Internet yang berat. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkannya, dan Anda tidak akan membahayakan sistem operasi yang mendasari komputer Anda dengan menggunakannya.

Baca Juga :  Gerakan Pola Smartphone dapat Mempredeksi Kepribadian Anda

Sayangnya, pengguna tidak dapat melihat kode sumber terbuka yang merupakan obat mujarab untuk memperbaiki setiap masalah lebih lama. Distribusi Linux populer seperti Debian dan Ubuntu telah menambahkan paket yang melacak aktivitas pengguna seperti halnya yang komersial sehingga Anda tidak bisa menggunakan Internet secara Anonim (Anounymous). Meskipun mereka dapat dengan mudah dihapus, fakta bahwa ini bahkan masalah memprihatinkan karena pengguna sering melihat sistem operasi alternatif ini sebagai cara untuk menjaga raksasa teknologi besar dari memata-matai riwayat browser mereka.

China Sebenarnya Mengikuti Preseden (Precedent) Barat

Gambar Menggunakan Internet Secara Anonim Anonymous
Gambar Menggunakan Internet Secara Anonim Anonymous

Sedikit dari pers telah didedikasikan pada fakta bahwa Republik Rakyat Tiongkok sedang transisi menuju apa yang disebut sistem kredit sosial. Otoritas partai komunis sekarang dapat membuat daftar hitam orang-orang tertentu dari memposting sesuatu secara online, meskipun ini sulit untuk ditegakkan dalam praktiknya. Larangan itu, bagaimanapun, telah membuatnya dan hampir tidak mungkin untuk menggunakan buku besar kriptografi berbasis blockchain untuk melindungi privasi pengguna.

Tak perlu dikatakan, ini merupakan hal yang mengkhawatirkan karena dapat berdampak pada pengguna barat yang memiliki akun dengan layanan yang berbasis di Cina. Namun, penting untuk diingat bahwa ini bukan insiden yang terisolasi. Para pembuat undang-undang Cina mengikuti presiden yang ditetapkan oleh pemerintah dan penyedia teknologi di Amerika Utara. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa Cina memiliki sejarah panjang pengawasan, tidak ada bedanya dengan cara lembaga penegak hukum Amerika memantau koneksi Internet sejak 1990-an. Perlu diingat bahwa percakapan telepon dan bahkan panggilan Skype telah dipantau di masa lalu tanpa pengguna Amerika disadarkan akan fakta bahwa obrolan mereka bersifat publik.

Melindungi Privasi Anda di Dunia yang Semakin Menakutkan

Banyak pengguna Internet memiliki sejumlah akun untuk layanan yang tidak lagi mereka gunakan. Jika ini kedengarannya seperti Anda, maka Anda ingin menutup sebanyak mungkin. Menutup akun adalah cara yang bagus untuk menghapus setidaknya satu jendela kecil ke dalam kehidupan pribadi Anda. Hapus juga surel lama atau pesan pribadi yang Anda simpan di kotak masuk. Meskipun tidak ada jaminan bahwa layanan yang menyediakan akun perpesanan Anda akan menghapusnya dari salinan cadangan mereka, tentu tidak ada salahnya untuk membantu mereka.

Baca Juga :  Kecepatan Download 5G 3 Kali Lebih Cepat dari 4G dalam Laporan di US

Kesimpulan

Yang terpenting, jangan gunakan layanan apa pun yang memiliki kebijakan privasi yang tidak Anda setujui. Meskipun Anda mungkin tidak nyaman berkorban pada awalnya, perusahaan teknologi dan otoritas pemerintah akan merasa bebas memata-matai pengguna web sampai orang akhirnya membuat pendirian. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar