Web Framework

0
Gambar Penjelasan Pengertian Dan Definisi Web Framework
Gambar Penjelasan Pengertian Dan Definisi Web Framework

Di bawah ini adalah penjelasan pengertian, definisi dan apa yang dimaksud dengan Web Framework.

Apa itu Kerangka Kerja Web?

Web Framework
Web Framework

Framework aplikasi web atau framework web adalah framework software yang dibuat untuk mendukung pengembangan situs dinamis, layanan web, dan aplikasi web.

Kerangka Web (WF) mendukung pembuatan, pengembangan, dan penerbitan aplikasi web dan situs web. Ini dapat mencakup layanan web, API, dan sumber daya lainnya.

Framework web adalah framework software yang menawarkan cara standar dan dapat diakses untuk membangun dan mengembangkan aplikasi web.

Meskipun aplikasi berkemampuan web adalah hal yang lumrah di Internet dan digunakan setiap hari oleh sebagian besar individu yang tersambung ke Internet, aplikasi tersebut masih dalam tahap awal dalam hal mengembangkan taktik dan alat.

Inilah mengapa sangat penting memiliki kerangka kerja web yang bertindak sebagai sistem pendukung untuk pengembangan dan penerapan aplikasi semacam itu.

Kerangka aplikasi web adalah salah satunya, dan artikel ini menunjukkan bagaimana kerangka kerja itu dapat membantu membangun aplikasi web yang sesuai dengan standar web paling modern.

Mengapa Web Application Framework Berguna?

Kerangka web adalah pustaka kode yang membuat pengembangan web lebih cepat dan mudah dengan memberikan pola dasar untuk membuat aplikasi web yang andal, dapat diskalakan, dan dapat dipelihara.

Kerangka web ada untuk memudahkan pengembang membuat aplikasi web. Anggap saja sebagai cara untuk membuat pintasan yang dapat mencegah kode yang berlebihan dan berulang.

Misalnya, Anda mungkin telah menulis kode untuk menangani validasi data untuk aplikasi web Anda. Untuk mencegah keharusan menulis ulang kode itu dari awal setiap kali Anda membuat situs web atau layanan web, kerangka kerja web melakukannya untuk Anda.

Kerangka kerja web berbeda dengan server web karena server web sebenarnya menjalankan aplikasi web, sedangkan kerangka web lebih seperti pustaka atau basis data virtual yang membantu mempercepat proses pengembangan dan penulisan.

Fungsi Umum Web Framework

Kerangka kerja memberikan fungsionalitas dalam kodenya atau melalui ekstensi untuk menyelesaikan operasi sehari-hari yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi web.

Operasi ini melibatkan:

  • Perutean URL.
  • Pengelolaan dan validasi formulir masukan.
  • HTML, XML, JSON, dan penyiapan produk lainnya dengan mesin templat.
  • Konfigurasi koneksi database dan penyelesaian manipulasi data melalui object-relational mapper (ORM).
  • Keamanan web terhadap pemalsuan permintaan lintas situs (CSRF), SQL Injection, Cross-site Scripting (XSS) dan serangan berbahaya lainnya yang sering terjadi.
  • Penyimpanan dan pengambilan sesi.

Contoh Web Framework

Ada beberapa kerangka kerja web yang telah dirancang untuk membuat pengkodean dan pengembangan aplikasi lebih mudah bagi mereka yang berada di industri ini.

Beberapa kerangka web paling populer dan sukses meliputi:

  • Django
  • Ruby on Rails

Kerangka kerja ini membantu kode seperti HTML, Ruby, dan Python dalam hal pembuatan aplikasi web dan layanan berbasis web.

Ada berbagai hal yang dapat dilakukan dengan kerangka kerja web, seperti pembuatan HTML, pembentukan templat bawaan, dan kemampuan untuk mengakses pustaka informasi pengkodean untuk menjaga kode tetap sederhana dan otomatis setiap kali a pengembang membuat aplikasi web baru.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Sangat disarankan agar kerangka kerja digunakan untuk membantu menyederhanakan dan mempercepat proses, dan kerangka kerja yang sukses seperti Ruby on Rails dirancang untuk menjadi pembangkit tenaga listrik untuk proyek tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pengembang memilih menggunakan kerangka kerja web untuk menulis kode.

Saat memulai dengan kerangka web, Anda harus mempertimbangkan:

  • Interaksi database; Banyak kerangka kerja web memiliki kemampuan untuk menerapkan interaksi basis data dalam paket lengkap.
  • Pembuatan HTML; Kerangka kerja memiliki kemampuan untuk menghasilkan kode HTML melalui kerangka, yang dapat memudahkan pengembang untuk digunakan saat menetapkan nilai dan menyetel standar.
  • Perutean; Sebagian besar framework dapat menangani kemampuan untuk memetakan URL yang diminta oleh pengguna ke kode yang cocok.

Framework web membantu berbagai tugas, mulai dari pembuatan template dan akses database hingga pengelolaan sesi dan penggunaan kembali kode.

Ini adalah aset yang bagus untuk pembuatan situs web dinamis, tetapi juga dapat digunakan untuk situs web yang lebih statis.

Penutup

Itulah penjelasan pengertian, definisi dan apa itu yang dimaksud dengan Web Framework.

Jangan lupa juga membaca definisi lain dari istilah teknologi apa pun di halaman Glosarium Sitenesia Kami.