Apa Itu Dynamic Email dalam Gmail? dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

0
Apa Itu Dynamic Email Dalam Gmail?
Apa Itu Dynamic Email Dalam Gmail?

Apa itu Dynamic Email dalam Gmail dan Cara Menggunakannya? Baru-baru ini Google baru saja mengumumkan dukungan untuk “Dynamic Email” dalam Gmail untuk desktop. Perusahaan tersebut pertama kali mengumumkan AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk email tahun lalu, dengan tujuan memberi pengguna pengalaman yang lebih interaktif dengan perpesanan dan surel.

Sekarang, fitur ini sudah mulai diluncurkan untuk pengguna, tetapi mungkin perlu waktu, sebelum tersedia untuk semua orang. Saat ini, pengguna hanya dapat merasakan fitur di desktop, namun, Google mengatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk menawarkan hal yang sama pada perangkat Mobile atau Smartphone.

Apa itu Dynamic Email (Email Dinamis) Google?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Dynamic Email Dalam Gmail Google
Ilustrasi Gambar Apa Itu Dynamic Email Dalam Gmail Google

Dynamic Email dalam Gmail adalah standar AMP atau Accelerated Mobile Pages untuk memungkinkan pengguna mendapatkan pesan yang diperbarui dengan cepat, tanpa harus melakukan atau Refresh untuk membuka laman web lain. Konten yang disematkan hadir dalam perubahan email atau pembaruan itu sendiri secara otomatis, setelah menerima pembaruan atau mengharuskan pengguna untuk mengambil tindakan.

Sebagai contoh misalnya, katakanlah, Anda sedang mengerjakan dokumen di Google Documents bersama tim Anda, kemudian Anda mendapatkan pesan dari anggota tim. Dengan Dynamic Email (Email Dinamis) Google, alih-alih menerima pemberitahuan email individual, Anda akan mendapatkan suatu utas atau yang biasa disebut Thread yang diperbarui dengan pesan terbaru. Di sini, Anda dapat menanggapi pesan langsung di dalam Thread, tanpa harus meninggalkan tab yang sedang Anda gunakan.

Untuk meningkatkan privasi dan keamanan Dynamic Email (Email Dinamis) Google dalam Gmail, Google memastikan bahwa mereka menawarkan tingkat keamanan yang sama dengan apa yang ditawarkannya ke seluruh Gmail. Oleh karena itulah sebabnya agarmemastikan keamanan maksimum, diperlukan siapa pun yang ingin mengirim Dynamic Email (Email Dinamis) Google, agar ditinjau oleh Gmail sebelum dapat mengirim email ini.

Siapa yang Menggunakan Dynamic Email (Email Dinamis) Google?

Seperti yang sudah kalian ketahui pada penjelasan Apa Itu Dynamic Email (Email Dinamis) di atas, Anda akan segera dapat melakukan lebih banyak di Gmail tanpa harus meninggalkan kotak masuk Anda. Google akan membuat “email dinamis” yang diperkuat dengan Gooele AMP untuk Gmail tersedia bagi masyarakat umum pada 2 Juli 2019, menyusul rilis beta untuk pelanggan G Suite yang membayar awal tahun ini. Anda pasti menemukan AMP, atau “halaman seluler yang dipercepat” jika Anda membuka tautan di ponsel Anda; ini adalah protokol buatan Google yang dapat memuat halaman web dengan lebih cepat.

Dengan AMP di Gmail, pengguna melakukan tugas berbasis web langsung di kotak masuk mereka, seperti mengisi formulir, RSVPing ke suatu acara, menanggapi suntingan di Google Documents, atau menelusuri gambar di korsel. Sementara fitur ini hanya akan tersedia untuk Gmail di web, dengan ponsel yang akan datang pada tanggal yang tidak ditentukan.

Banyak bisnis populer sudah mulai menggunakan Dynamic Email (Email Dinamis) Google untuk membuat email mereka lebih dapat ditindaklanjuti dan pada gilirannya membuatnya mudah bagi pengguna untuk merespons atau mengambil tindakan dengan cara yang mudah. Beberapa bisnis populer, seperti Booking, Despegar, Doodle, Ecwid, Freshworks, Nexxt, OYO Rooms, Pinterest dan redBus sudah mulai menggunakan Dynamic Email (Email Dinamis) Google ini.

Sebagai contoh, dengan situs pemesanan hotel, pengguna kini dapat dengan mudah mencari hotel atau rental dan melakukan pemesanan, langsung dari dalam email itu sendiri.

Dengan melakukan itu, pengguna tidak lagi harus mengklik tautan yang kemudian akan membawa mereka ke halaman web lain, untuk memungkinkan mereka melakukan tindakan apa pun yang ingin mereka lakukan. Sebaliknya, semuanya dapat dilakukan dalam email yang sama, hanya dengan beberapa klik.

Bagaimana Cara untuk Mengaktifkan Dynamic Email (Email Dinamis) Google ?

Dynamic Email (Email Dinamis) Google diluncurkan ke banyak orang dan akan segera tersedia untuk semua orang. Selain itu, fitur ini juga diharapkan akan datang ke ponsel, seperti yang dinyatakan oleh perusahaan.

Fitur Dynamic Email (Email Dinamis) Google dinonaktifkan secara default dan tersedia sebagai opsi untuk Pelanggan G Suite. Jika Anda adalah seorang admin dan ingin menggunakan email dinamis ini untuk organisasi Anda,

Yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan dan mulai menggunakannya adalah menavigasi ke:

Aplikasi>G Suite>Pengaturan untuk Gmail>Pengaturan Pengguna

Dari sana pilih opsi untuk Aktifkan Dynamic Email (Email Dinamis) Google.

Kesimpulan

Pada akhirnya, jika pengguna menggunakan klien surat lain untuk layanan ini, mereka hanya akan mendapatkan versi statis untuk hal yang sama dan tidak akan dapat menikmati Dynamic Email dalam Gmail. Google telah memperluas ketersediaan Dynamic Email (Email Dinamis) yang baru diumumkan.

Format email interaktif baru dapat diperbarui oleh pemasar dengan informasi baru sambil memungkinkan penerima untuk melakukan hal-hal seperti mengkonfirmasi kehadiran mereka di suatu acara dan mengisi kuesioner. Selain itu, dengan Dynamic Email (Email Dinamis), ketika seseorang mengomentari dokumen Google Documents, pengguna dapat melihat komentar itu di utas di Gmail, daripada menerima lansiran di masing-masing email.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan kali ini yang membahas mengenai Apa Itu Dynamic Email dalam Gmail? dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar