Ini 7 Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) agar Membaca dan Belajar Produktif!

0
Ilustrasi Gambar Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) Dalam Membaca Dan Belajar Untuk Produktivitas
Ilustrasi Gambar Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) Dalam Membaca Dan Belajar Untuk Produktivitas

Tahukan Anda Bagaimana Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) agar Membaca dan Belajar menjadi Produktif? Berada di dunia di mana perangkat lunak yang produktivitasnya berkuasa dan mendominasi, ada alat tulis sederhana yang masih berkembang sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan belajar yaitu Catatan Tempel atau Sticky Notes.

Sementara perusahaan perangkat lunak telah berusaha untuk mendigitalkan Sticky Notes, tidak ada aplikasi yang terbukti lebih populer dan efektif daripada selembar kertas persegi kecil yang asli. Mengapa Sticky Notes masih menjadi salah satu alat paling efektif untuk membantu menyelesaikan sesuatu? Bagaimana Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) dengan cara yang cerdas untuk menjadi lebih produktif? Anda akan menemukan jawabannya dalam ulasan Kami kali ini.

Manfaat Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes)

Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) dapat Anda miliki dengan hemat biaya selain mudah digunakan. Desain mereka membuat mereka efektif untuk menyoroti informasi penting karena biasanya mereka memiliki warna kontras dengan dokumen dan buku standar.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Randy Garner di Sam Houston State University yang dicatat dalam Harvard Business Review menemukan bahwa, Catatan Tempel adalah instrumen persuasif dalam membuat orang mematuhi permintaan. Ini disebabkan oleh fakta bahwa menambahkan Catatan Tempel dengan pesan tulisan tangan pada file menambahkan sentuhan pribadi yang direspon dengan baik oleh orang-orang. Elemen tulisan tangan dari Sticky Notes menambah nilainya. Seperti David Allen, pencipta metode Getting Things Done, pernah berkata,

“Cara termudah dan paling umum untuk mengeluarkan barang-barang dari kepalamu adalah pena dan kertas.”

David Allen

Tidak hanya memberikan aspek yang lebih intim dalam pertukaran komunikasi, tetapi otak kita cenderung untuk memproses hal-hal yang lebih baik ketika ditulis dengan tangan dibandingkan dengan mengetik. Langsung saja berikut ini adalah Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) yang dapat Anda coba sekarang juga!

7 Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) agar Membaca dan Belajar Menjadi Produktif Secara Efektif

Ilustrasi Gambar Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) Untuk Produktivitas
Ilustrasi Gambar Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) Untuk Produktivitas

Meskipun tidak ada kriteria yang ditetapkan tentang cara menggunakan Catatan Tempel atau Sticky Notes dengan benar, ada beberapa cara yang dapat membantu mengoptimalkan pengalaman. Misalnya, ada baiknya memperhitungkan jumlah catatan yang Anda gunakan. Tentu saja, jumlah kertas tempel tergantung pada tujuan Anda menggunakannya, tetapi sebagai pedoman umum, semakin sedikit semakin baik. Daya tarik dari Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) sendiri adalah mereka dapat menjadi alat yang menarik perhatian dan persuasif untuk komunikasi. Namun, jika Anda menggunakan lebih banyak catatan daripada yang diperlukan, hal tersebut justru dapat menghalangi pembaca untuk melihat pesannya.

Lihat Juga :  Inilah 11 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Merasa Anda Tidak Cukup Baik!

Hal yang sama dapat diterapkan saat menggunakan Catatan Tempel untuk membaca dan belajar. Jika Anda memiliki terlalu banyak Sticky Notes di buku Anda atau di meja Anda, jumlah informasinya bisa sangat besar. Detail apa pun yang ingin Anda soroti akan hilang.

Tips lain untuk penggunaan Catatan Tempel (Sticky Notes) yang efektif adalah memastikan Anda membuang kertas yang tidak lagi Anda butuhkan. Melakukan hal itu akan melindungi Anda dari kekacauan yang terkumpul dan Anda juga akan menikmati perasaan puas saat mengelupas Catatan Tempel atau Sticky Notes dan melemparkannya ke tempat sampah.

Catatan Tempel adalah cara yang sesuai untuk menyerap informasi dan menarik perhatian pada bagian-bagian penting teks. Apakah itu untuk sekolah, bekerja, atau bersantai, berikut adalah 7 cara untuk menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) untuk membaca dan belajar yang Produktif:

1. Penunjuk Halaman Buku (Bookmark)

Penemuan Sticky Notes muncul ketika Art Fry sedang mencari sesuatu yang bisa menandai halaman himne-nya. Potongan-potongan kertas yang digunakan kelompok paduan suara pada saat itu terbukti tidak mencukupi karena serpihan-serpihan kertas akan terus-menerus jatuh.

Catatan Tempel atau Sticky Notes sangat cocok digunakan untuk bookmark karena pita perekat menjaga marker tetap di tempatnya dan tidak merusak halaman. Jika Anda harus menggunakan beberapa penanda, ada baiknya mengganti posisi Sticky Notes. Menempelnya dengan cara yang sama pada beberapa halaman dapat menyulitkan untuk menemukan halaman yang Anda inginkan.

2. Anotasi Potongan Teks

Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) untuk menambah pemikiran dan wawasan saat membaca akan membantu meningkatkan keterampilan membaca yang dekat. Keterampilan ini memungkinkan Anda untuk mengatasi teks yang sulit dan membantu Anda memahami apa yang disampaikan.

Kemampuan itu menantang Anda untuk berpikir kritis dan membaca di atas tingkat kenyamanan Anda. Anda dapat menggunakan Sticky Notes untuk merangkum frasa, paragraf, atau bahkan bab dari sebuah buku. Melakukan hal itu akan mencegah Anda dari harus menulis di halaman dan memiliki dukungan lengket memungkinkan Anda menempelkan anotasi di mana pun Anda inginkan. Tips yang baik adalah mempertahankan satu poin per Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) karena akan membuat revisi lebih mudah.

Lihat Juga :  Inilah 11 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Merasa Anda Tidak Cukup Baik!

3. Tugas dan Kode Warna

Tugas dan ide kode warna dengan menggunakan Catatan Tempel atau Sticky Notes dapat menghasilkan bacaan dan pembelajaran yang lebih produktif karena sangat bagus untuk mengatur pemikiran dan perencanaan Anda.

Menggunakan warna memungkinkan Anda untuk membedakan antara informasi pada pandangan pertama yang membuat kode warna sangat bagus untuk menyoroti hal-hal yang memerlukan perhatian Anda terlebih dahulu. Dengan beragam warna yang hadir sekarang, Anda dapat mengelompokkan berbagai hal berdasarkan kategori subjek, prioritas, atau faktor penjadwalan. Membedakan tugas dan menyatukan hal yang serupa memberikan cara belajar yang lebih efisien karena menghilangkan gangguan dan memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas yang ada.

4. Ide Brainstorming

Brainstorming adalah teknik yang mendorong Anda untuk melepaskan kreativitas pikiran Anda melalui struktur berpikir bebasnya. Brainstorming adalah metode penting untuk belajar, baik secara individu maupun dengan kelompok. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan ide dari konsep yang terkait dan merupakan cara terbaik untuk menemukan solusi untuk masalah.

Cara populer untuk mengembangkan ide di lingkungan kantor, brainstorming juga berguna untuk belajar. Dedikasikan permukaan yang besar ​​seperti dinding dan gunakan berbagai warna Sticky Notes untuk mengelompokkan ide-ide terkait. Anda bahkan dapat mengatur Catatan Tempel atau Sticky Notes Anda seperti peta pikiran yang merupakan metode hebat untuk menghasilkan ide.

5. Berlatih Kosakata Bahasa Asing

Bagian besar dari mempelajari bahasa kedua (atau ketiga atau keempat) adalah kosa kata. Karena Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) sendiri adalah berupa visual dan nyata, catatan itu bisa menjadi alat yang hebat untuk menghafal kata-kata baru. Cara menggunakan Catatan Tempel atau Sticky Notes untuk berlatih kosa kata adalah memberi label benda-benda di sekitar rumah Anda dalam bahasa yang Anda coba pelajari.

Anda dapat mulai dengan menambahkan terjemahan ke Sticky Notes, lalu saat Anda maju, hapus dan hanya tulis kata dalam bahasa asing. Anda juga dapat menggunakan kode warna berdasarkan kategori item yang termasuk, misalnya, Sticky Notes Kuning untuk peralatan makan dan Sticky Notes Biru untuk perangkat elektronik.

Lihat Juga :  Inilah 11 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Merasa Anda Tidak Cukup Baik!

6. Menyusun dan Membuat Daftar Pekerjaan

Menyusun dan Membuat Daftar Pekerjaan adalah cara praktis untuk menyelesaikan sesuatu. Menuliskan tugas-tugas Anda dapat membebaskan mereka dari berputar-putar di kepala Anda. Daftar tugas memberikan Anda rasa ketertiban, merupakan alat yang efektif untuk manajemen waktu, dan bertindak sebagai pengingat untuk hal-hal yang perlu Anda capai.

Menyusun daftar tugas Anda dengan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) adalah cara bagus untuk meningkatkan keterampilan membaca dan belajar Anda. Anda bisa menggunakan Sticky Notes untuk mencantumkan semua tugas Anda untuk hari itu dan membuangnya setelah selesai, atau Anda dapat mendedikasikan catatan untuk setiap tugas dan menempelkannya di permukaan yang lebih besar dan menghapus catatan setelah tugas selesai dan lengkap. Tidak ada cara tertentu untuk menggunakan Sticky Notes untuk membuat daftar tugas karena ada banyak opsi yang dapat Anda pilih.

7. Merencanakan Proyek

Meskipun ada banyak perangkat lunak manajemen proyek yang tersedia di pasar, beberapa orang mungkin mendapati dan menemukan bahwa alat yang lebih sederhana dapat menawarkan lebih banyak ketika mengacu pada produktivitas dan kolaborasi. Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) dapat menawarkan alternatif ini. Alat yang sangat baik untuk visualisasi, Catatan Tempel atau Sticky Notes sangat bagus untuk membuat papan Kanban, diagram afinitas, diagram alir, dan papan cerita dan lain sebagainya. Dengan menempelkan catatan ke permukaan yang mencolok, tim proyek dapat melacak kemajuan, dan menambahkan serta menghapus tugas dan gagasan yang sesuai.

Catatan Tempel atau Sticky Notes juga sempurna untuk merencanakan proyek individual. Mereka dapat digunakan untuk membuat rencana belajar atau papan pribadi Kanban.

Kesimpulan

Dalam hal membaca dan belajar, orang memiliki kebiasaan mereka sendiri dan mengembangkan metode mereka sendiri untuk meningkatkan keterampilan khusus ini seperti halnya dengan Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) untuk Produktivitas. Kelebihan dari Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) ini adalah kemudahan penggunaan dan keserbagunaannya memungkinkan mereka untuk memenuhi sistem apa pun yang mengapa mereka masih sangat disukai dibandingkan aplikasi rumit dan alat perangkat lunak mewah.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan kali ini yang membahas mengenai Bagaimana Cara Menggunakan Catatan Kertas Tempel (Sticky Notes) agar Membaca dan Belajar Menjadi Produktif. Semoga dapat menambah wawasan Kita semua. Selamat mencoba! Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar