Bug Truecaller: Bug ini Membuat Penggunanya Berada dalam Bahaya

0
Gambar Bug Truecaller Yang Membuat Penggunanya Berada Dalam Bahaya
Gambar Bug Truecaller Yang Membuat Penggunanya Berada Dalam Bahaya

Apa itu Truecaller?

Bug Truecaller yang berbahaya? Ya, Truecaller adalah aplikasi manajemen panggilan multiguna yang terutama digunakan untuk mengidentifikasi dan memblokir panggilan masuk yang tidak dikenal. Kedengarannya seperti ide yang luar biasa bagi kita untuk mengetahui identitas asli dari penelepon yang tidak dikenal. Dengan aplikasi truecaller, Anda dapat mengidentifikasi penelepon, Anda dapat mengabaikannya atau memblokir nomor tersebut.

Bug Bahaya Truecaller ini Membuat Penggunanya Berada dalam Bahaya

Gambar Aplikasi Bug Truecaller Yang Membuat Penggunanya Berada Dalam Bahaya
Gambar Aplikasi Bug Truecaller Yang Membuat Penggunanya Berada Dalam Bahaya

Beberapa pengguna Truecaller terbangun dengan pesan kejutan pagi ini. Setelah pembaruan terakhir, aplikasi Truecaller secara otomatis mulai mendaftarkan pengguna untuk layanan UPI tanpa meminta izin dari pengguna sebelum memulai proses. Truecaller menawarkan layanan UPI melalui mitranya ICICI Bank.

Dari Bug berbahaya Truecaller itu, proses pendaftaran UPI diinisiasi terlepas dari apakah pengguna Truecaller tertentu adalah pemegang rekening Bank ICICI atau tidak. Ini karena untuk menggunakan layanan UPI dari bank tertentu, Anda tidak diharuskan memiliki rekening bank di bank itu. Misalnya, Anda mungkin memiliki akun di HDFC Bank tetapi masih dapat mendaftar dengan akun ICICI Bank UPI melalui aplikasi Truecaller.

Untuk memulai proses registrasi UPI secara otomatis, aplikasi Truecaller diam-diam mengirim pesan terenkripsi ke ICICI Bank tempat pengguna mendapat SMS dari ICICI Bank yang mengatakan “Registrasi aplikasi UPI Anda sudah dimulai”. Saat melihat pesan ini, pengguna yang tidak tahu apa yang mungkin terjadi di latar belakang, menghubungi National Payments Corporation of India (NPCI) dan masing-masing dukungan pelanggan bank mereka karena khawatir rekening bank mereka dikompromikan.

Pengguna Truecaller di seluruh India turun ke media sosial untuk mengeluh tentang masalah ini karena mereka takut kehilangan uang melalui transfer akun UPI. Kemudian pada hari itu, Truecaller mengakui bahwa ada bug dalam pembaruan terbaru dari aplikasi yang menyebabkan pengguna yang galau dan meminta untuk secara manual membatalkan registrasi dari layanan UPI dalam aplikasi.

Baca Juga :  Peneliti Google Security Memberi Peringatan pada Pengguna Windows!

“Kami telah menemukan bug dalam pembaruan terbaru Truecaller yang memengaruhi fitur pembayaran, yang secara otomatis memicu pembaruan pos registrasi ke versi tersebut. Ini adalah bug dari Truecaller dan kami telah menghentikan versi aplikasi ini sehingga tidak ada pengguna lain yang akan terpengaruh. Kami mohon maaf atas versi ini yang tidak melewati standar kualitas kami. Kami telah mengambil langkah cepat untuk memperbaiki masalah ini, dan sudah meluncurkan perbaikan dalam versi baru. Untuk pengguna yang sudah terpengaruh, versi baru dengan perbaikan akan segera tersedia, namun, sementara itu mereka dapat memilih untuk membatalkan pendaftaran secara manual melalui menu melimpah di aplikasi” kata Truecaller dalam sebuah pernyataan.

Pada 2017, Truecaller mengumumkan kemitraan dengan ICICI Bank untuk memungkinkan pengguna membuat ID UPI secara instan, mengirim uang ke ID UPI apa pun, atau nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi BHIM. Ini juga memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang nomor ponsel mereka dari dalam aplikasi Truecaller itu sendiri. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar